Selasa, 17 Oktober 2017 

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

01/10/2012 – 15:03

Upacara Kesaktian Pancasila1Tanggal 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Peringatan tersebut didasarkan pada peristiwa G/30/S pada tahun 1965 yang menguji kesaktian Pancasila dari upaya perebutan kekuasaan dan perubahan ideologi bangsa Indonesia. Untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila tersebut, BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara mengadakan upacara bertempat di halaman kantor. Dalam upacara ini yang bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Kepala Perwakilan, dengan Staf Sub Bagian Hukum dan Humas, Yudi Kurniawan S.H. selaku Komandan Upacara.

Upacara dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila di BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara diikuti oleh para pejabat struktural dan pegawai BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara. Dalam kesempatan tersebut, dibacakan Naskah Ikrar Hari Kesaktian Pancasila. Muatan yang terkandung dalam Naskah Ikrar tersebut adalah kebulatan tekad bangsa Indonesia untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dengan adanya Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini, diharapkan seluruh pegawai BPK  RI dapat ikut mengamalkan dan mempertahankan Pancasila sebagai Ideologi bangsa. Seluruh rangkaian upacara dilalui dengan tertib sampai Komandan Upacara membubarkan peserta upacara untuk mengakhiri upacara tersebut. (ml)


  • 27498
    Who's Online : 1
    Your IP Address: 54.161.73.123