Selasa, 12 Desember 2017 

Penyerahan LHP atas LKPD Kabupaten/Kota Se-Provinsi Sulawesi Tenggara

23/05/2014 – 17:04

penyerahan LHP tambahan

Sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, BPK menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan  (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) disampaikan kepada DPRD. LHP tersebut disampaikan pula kepada Bupati/Walikota sesuai dengan kewenangannya. Berpedoman pada ketentuan tersebut, pada tanggal 23 Mei 2014, bertempat di Aula Kantor BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara, diselenggarakan acara penyerahan LHP atas LKPD pada 11 Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulawesi Tenggara. LHP tersebut diserahkan secara langsung oleh Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara, Nelson Ambarita, S.E., M.M., Ak., CFE,  kepada para Ketua DPRD dan Kepala Daerah 11 Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulawesi Tenggara atau yang mewakili. Semula acara penyerahan ini direncanakan akan diikuti oleh seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota di Sulawesi Tenggara, akan tetapi, untuk Pemerintah Kota Baubau penyerahan LHP atas LKPD dilaksanakan lebih awal.

Berdasarkan laporan hasil pemeriksaan atas LKPD Kabupaten/kota se-Provinsi Sulawesi Tenggara TA 2013, BPK memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian Dengan Paragraf Penjelasan (WTP-DPP) atas LKPD Kota Kendari, LKPD Kabupaten Bombana dan LKPD Kabupaten Buton. Disamping opini WTP-DPP diatas, BPK memberikan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) untuk sembilan LKPD Kabupaten/Kota yang lain.

penyerahan LHP web

Dalam acara penyerahan LHP tersebut, kepala perwakilan menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kerja keras pemerintah daerah dalam melakukan perbaikan tata kelola keuangan dalam rangka pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara, sehingga pada TA 2013 tidak ada LKPD yang mendapatkan opini disclaimer. Selain itu, kepala perwakilan juga menyampaikan bahwa dasar pemberian opini tersebut adalah Kesesuaian dengan SAP, Kesesuaian dengan peraturan perundang-undangan, efektifitas Sistem Pengendalian Intern, dan kecukupan pengungkapan.

Selain sambutan kepala perwakilan, dalam kesempatan tersebut Ketua DPRD Kabupaten Konawe dan Walikota Kendari berkenan memberikan sambutan atas penyerahan LHP mewakili para ketua DPRD dan kepala daerah yang hadir. Kedua pejabat tersebut menyampaikan terima kasih atas usaha keras jajaran pemerintah daerah masing-masing dan juga ucapan terima kasih atas pemeriksaan yang telah dilakukan oleh BPK, dan berharap agar pengelolaan dan tanggung jawab keuangan di daerah masing-masing dapat semakin membaik, transparan dan akuntabel. (ML)


  • 29226
    Who's Online : 1
    Your IP Address: 54.83.122.227