Selasa, 17 Oktober 2017 

Sosialisasi Aplikasi Persuratan

03/12/2015 – 15:18

aKendari – Pada tanggal 1 Desember 2015 bertempat di ruang rapat BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara, Jalan Sao-sao Nomor 10 Kendari, dilaksanakan acara Sosialisasi Aplikasi Persuratan yang diikuti oleh para staf yang terkait pengelolaan tata naskah surat kedinasan. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari tim sosialisasi aplikasi persuratan, diketahui bahwa pada Tahun 2012 Biro Teknologi Informasi bekerja sama dengan Biro Umum telah membuat aplikasi persuratan versi 1.0 sebagai langkah pengembangan Aplikasi Persuratan yang sebelumnya sudah dipergunakan oleh Biro Umum khususnya di Sub Bagian Pengurusan Surat dan Perjalanan Dinas. Aplikasi Persuratan versi 1.0 tersebut hanya mengakomodir pengadministrasian surat masuk dan surat keluar di lingkungan BPK Pusat saja, kemudian dikembangkan menjadi Aplikasi Persuratan versi 2.0 berbasis web yang dapat digunakan oleh semua unit kerja di lingkungan BPK baik di Kantor Pusat maupun Kantor Perwakilan.

Aplikasi  Persuratan  versi  2.0  ini  memiliki  fitur  pengadministrasian  surat  masuk  dan  surat  keluar, dilengkapi dengan fitur manajemen disposisi. Data surat yang diinput dalam Aplikasi Persuratan Versi 2.0 ini terintegrasi antara Subbag Pengurusan Surat dan Perjalanan Dinas sebagai Unit Kearsipan (UK) dan unit-unit kerja lain yang merupakan Unit Kerja Pengolah (UKP) surat.

Aplikasi Persuratan versi 2.0 tersebut tidak dilengkapi dengan fasilitas pembuatan/pengajuan nota dinas dan  konsep surat keluar beserta koreksiannya, oleh karena itu dengan mengadopsi konsep e-Nodin dilakukan pengembangan menjadi Aplikasi Persuratan versi 3.0.

Secara umum, menu utama di aplikasi Persuratan versi 3.0 meliputi:
1.  Menu Pegawai
2.  Menu Pejabat
3.  Menu Inputer UKP (Unit Kerja Pengolah)
4.  Menu Inputer UK (Unit Kearsipan)
5.  Menu Setting
Aplikasi Persuratan versi 3.0 ini merupakan sub modul dari portal Sistem Informasi Sumber Daya Manusia (SISDM). Portal SISDM terdiri dari sub modul Pengelolaan Pegawai, Keuangan, Persuratan, Konsultasi, dan lain-lain. Kita dapat mengaksesnya ke alamat https://sisdm.bpk.go.id

Tim pemateri Acara Sosialisasi Aplikasi Persuratan yang dipimpin oleh Sri Handayani beranggotakan tiga orang, antara lain; Tri Widodo, Septian Wahyu Baskoro dan Edy Pranoto.

bKetua Tim Pemateri, berharap peserta terus melatih kemampuan penggunaan aplikasi ini dan bisa saling sharing  dalam bentuk forum komunikasi melalui media sosial maupun sarana lainnya. “Terkait permasalahan yang dihadapi disetiap perwakilan, nanti kami akan membuka forum terkait permasalahan dihadapi bersama yang dapat difasilatasi LO TI di perwakilan yang dipandu oleh tim pengelola aplikasi dari Biro TI bekerja sama dengan Biro Umum” ungkap Sri Handayani.


  • 27498
    Who's Online : 1
    Your IP Address: 54.161.73.123