Peran Strategis BPK RI dalam mengisi kemerdekaan

23/08/2018 – 10:02

“BPK kembali terpilih sebagai pemeriksa eksternal International Atomic Energy Agency (IAEA) untuk periode 2017-2019 dan sebagai anggota panel external auditor Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang bertugas sebagai lembaga pemeriksa untuk badan-badan dalam komunitas PBB. BPK juga terlibat dalam pemeriksaan Sustainable Development Goals (SDGs) di lingkungan organisasi BPK sedunia. Keaktifan BPK di dunia Internasional adalah bagian dari peningkatan kapabilitas pemeriksa dan menunjukan kemampuan anak bangsa dalam pemeriksaan lembaga internasional”. “Demikian disampaikan Kepala Sekretariat Perwakilan BPK Sultra, I Putu Wisudhantara, membacakan salinan pidato Ketua BPK RI pada acara Peringatan HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang bertempat di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Sultra, jum’at (17/8).

Selanjutnya Kepala Sekretariat Perwakilan mengungkapkan bahwa Dalam perjalanannya untuk menegakkan komitmen dan mempertahankan capaian guna meningkatkan kualitas pemeriksaan dan kelembagaan, BPK menghadapi tantangan yang dapat mengganggu kinerja dan kredibilitas BPK sebagai lembaga pemeriksa. Hal ini dapat kita cegah, apabila kita memahami dan melaksanakan Kode Etik BPK secara konsisten dan konsekuen, terutama bagi Pemeriksa BPK yang menjadi tulang punggung pencapaian hasil pemeriksaan yang merupakan core BPK.  Seluruh pegawai BPK harus bekerja secara profesional dan selalu menjaga nama baik BPK. Kesempatan untuk melakukan fraud selalu ada. Namun, perlu saya tegaskan bahwa, apabila kita menggunakan kesempatan tersebut, maka akan ada konsekuensinya. Semua bentuk pelanggaran kode etik akan diproses oleh Inspektorat Utama dan Majelis Kehormatan Kode Etik (MKKE). Apabila ditemukan unsur pidana akan diserahkan ke instansi yang berwenang.

 

Susunan acara dirangkaikan pula dengan pemotongan tumpeng dan penganugerahan Satya Lencana Karya Satya yang disematkan pada pegawai yang telah memberikan dedikasi yang tinggi dalam melaksanakan tugas sebagai abdi masyarakat dengan kategori lamanya masa pengabdian.

 

Peringatan HUT kemerdekaan tahun ini sangat istimewa karena Indonesia kembali menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games ke-18 yang mengusung tema “The Energy of Asia”.

Dirgahayu Republik Indonesia!

Merdeka!  Merdeka!  Merdeka!


  • 33222
    Who's Online : 1
    Your IP Address: 54.198.54.179