BPK Goes To Campus Universitas Halu Oleo, Kenalkan Tugas dan Fungsi BPK

19/03/2019 – 10:59

Jumat, 15 Maret 2019. Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia mengadakan acara BPK Goes To Campus di Universitas Halu Oleo, kendari. Bertindak sebagai pembicara pada kegiatan ini adalah Anggota VI BPK RI Harry Azhar Azis, dihadiri pula oleh Anggota DPR RI Haerul Saleh dan Kepala Perwakilan BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara, Hermanto. Kegiatan Goes To Campus ini digelar di ruang Auditorium Gedung Pascasarjana Universitas Halu Oleo, Kendari, Sulawesi Tenggara.

Acara yang dibuka oleh Rektor Universitas Halu Oleo, Muhammad Zamrun tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan public awareness BPK RI di kalangan akademisi dan media, yang diikuti oleh para pengajar dan mahasiswa serta kalangan media. Pada sambutannya, Rektor Universitas Halu Oleo menyampaikan ucapan terima kasihnya atas kehadiran Anggota BPK RI, Harry Azhar Aziz beserta rombongan, serta beliau berharap semua peserta yang hadir pada acara ini mendapatkan pencerahan dan informasi terutama terkait dengan akuntabiltas pengelolaan keuangan negara. “Oleh karena itu berbahagia rasanya, kita akan mendapatkan beberapa informasi dalam rangka mewujudkan transparansi dalam pengelolaan keuangan negara,” ungkap Muhammad Zamrun.

Tema yang diangkat dalam acara Goes To Campus kali ini adalah “Peran BPK dan Mahasiswa Dalam Mengawal Akuntabilitas Tata Kelola Keuangan Negara”. Pada kesempatan ini, Harry Azhar Aziz memaparkan beberapa hal yang dijelaskan antara lain mengenai Keuangan Negara, dan BPK.

Dalam pemaparan mengenai BPK, Anggota BPK RI menjelaskan diantaranya mengenai Struktur Organisasi, Visi dan Misi serta Tujuan Strategis, Pemeriksaan, Hasil Pemeriksaan, Permasalahan Pengelolaan Keuangan Negara, Opini Laporan Keuangan, Pengelolaan Keuangan pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Paradigma Pemeriksaan, Indeks Pembangunan Manusia, APBN dan Kesejahteraan masyarakat serta Peran BPK RI di Kancah Internasional,. “Menjadi BPK itu adalah tugas negara untuk menyelamatkan uang negara, agar menambah penerimaan negara sehingga rakyat makmur dan sejahtera,” tegas Harry Azhar Azis.

Melalui kegiatan ini, BPK RI mengharapkan sinergi dengan perguruan tinggi dapat lebih mendorong terwujudnya pengelolaan dan tanggung jawab keuangan  negara yang transparan dan akuntabel di masa yang akan datang.


  • 34381
    Who's Online : 1
    Your IP Address: 3.88.161.108