BPK Sultra Menyelenggarakan Diklat Pengantar Pemeriksaan Kinerja

12/07/2019 – 19:58

Bertempat di aula BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara, diselenggarakan pendidikan dan latihan Pemerikaan Kinerja pada tanggal 9 – 12 Juli 2019. Diklat ini diselenggarakan untuk memberikan bekal dan pemantapan kesiapan bagi pemeriksa yang akan melakukan pemeriksaan kinerja dalam waktu dekat, diantaranya pemeriksaan Kinerja Pendidikan, Kinerja Kesehatan dan Public Financial Management (PFM).

Acara diklat ini dibuka secara resmi oleh Kepala Subauditorat Sultra II, Dadek Nandemar dan diikuti oleh seluruh pemeriksa BPK Perwakailan Provinsi Sulawesi Tenggara. Dalam sambutannya, Kepala Subauditorat Sultra II menekankan bahwa pemeriksaan kinerja lebih memberikan solusi perbaikan kepada instansi-instansi terkait.

Seusai pembukaan secara resmi, acara dilanjutkan dengan pemaparan pengantar pemeriksaan kinerja oleh Arief Sanjaya dari Auditorat Keuangan Negara III BPK RI. Untuk mempertajam persiapan pemeriksa, pemateri menjelaskan langkah awal yang perlu diperhatikan dalam pemeriksaan kinerja dan merumuskan tujuan yang akan dicapai dalam pemeriksaan, selanjutnya dilakukan diskusi dan pembahasan contoh kasus. Pemateri dalam pemaparannya mengatakan “wawancara secara medalam merupakan salah satu metodologi dalam pemeriksaan kinerja yang memuat petanyaan-pertanyaan penelitian untuk medalami akar masalah dalam pemeriksaan kinerja sehingga dapat diperoleh kesimpulan hasil pemeriksaan yang ekonomis, efisien dan efektif” ungkap Arief Sanjaya kepada peserta.

Pada sesi penutupan acara, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulawesi Tenggara, Hermanto, berpesan dengan adanya berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman antar sesama pemeriksa, baik yang telah melaksanakan pemeriksaan kinerja maupun yang belum mendapat penugasan pemeriksaan kinerja mampu menambah wawasan para pemeriksa. Selain itu juga diharapkan dapat memupuk kedisiplinan dalam mengikuti setiap rangkaian tahapan kegiatan.

 


  • 35030
    Who's Online : 0
    Your IP Address: 10.199.24.83